Senin, 31 Agustus 2015

Tips Mudah Cari Lokasi Undangan dengan QR Code

Standard
Postingan perdana ini (ciieee...) melanjutin ide di Facebook. Ini berawal dari saya cukup kesulitan mencari lokasi undangan pernikahan teman yang hanya bermodalkan cetakan denah di undangan. Hal ini menggelitik ini otak , kenapa para pencetak undangan dan yang mau punya hajatan, nikah contohnya (atau yang masih berkhayal kapan nikah? hehe) tidak berinovasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada? Mumpung zamankan dah canggih, hampir rata-rata orang dah melek teknologi, smartphone dah jadi bagian hidup.

Usul untuk para pencetak undangan dan yang punya hajatan untuk lokasi hajatannya dikoordinatin gitu, pakai google maps, trus lokasinya di bikin QR code gitu dan kita tinggal pindai/scan pakai smartphone terus ngelink ke google maps sehingga kita dengan mudah telusuri lokasi dengan cermat dan akurat dari lokasi kita berada.

Berhubung saya bukan orang IT jadi ide ini saya lempar ke facebook dan tandain teman-teman yang punya percetakan dan paham IT, lumayanlah ada yang komentar dan malah ada yang nawarin diri untuk buat prototypenya tapi sempai sekarang gak jadi-jadi (karena niatnya iseng-iseng kali ya?)

Daripada idenya hilang, mulai deh cari cara untuk eksekusi ini ide, mudah-mudahan ada manfaatnya, eh alhamdulillah ketemu cara eksekusinya dengan memanfaatkan aplikasi gratisan yang ada. Berikut tutorial sederhananya plus gambar dengan smartphone android xiaomi redmi 1s.

  1. Buka aplikasi Google Maps;
  2. Pilih lokasi dengan jari menekan beberapa saat dilokasi sampai keluar pinnya;
  3. Klik "Dropped Pin" dibawahnya, kemudian pilih "share";
  4. Pilih saja mau di share kemana, mau langsung ke jasa percetakannya dengan kita sms ataupun email terus nanti si pencetak yang merubah ke QR Codenya dengan bantuan software di smartphone ataupun di komputer PC nya si pencetak (Untuk komputer PC dapat gunakan software di link ini), atau kita buat QR Code nya dengan bantuan smartphone yang kita punya;
  5. Untuk tutorial ini saya share ke aplikasi "note" saya dan copy linknya;
  6. Buka "Play Store" cari aplikasi "QR Code Reader and Generator" (ada banyak aplikasi lain yang sejenis tapi yang mudah menurut saya aplikasi ini). Silahkan install hingga selesai dan jalankan aplikasinya;
  7. Pilih "Create QR", pilih "Text" dan pastekan link google maps tadi;
  8. Done, silahkan simpan hasilnya dan emailkan ke pencetak;
  9. Selesai.


Silahkan pindai QR Code nya, bila sukses ia akan langsung membuka dan memberikan lokasi hajatan.

  1. Terlihat lokasinya, selanjutnya klik gambar mobilnya;
  2. Pilih darimana lokasi kita berada, dan cara kita menuju ke lokasi (mobil, kereta api atau jalan kaki), selanjutnya silahkan pilih alternatif jalan yang ditawarkan Google Maps;
  3. Selesai, anda tinggal menelusuri dengan mudah, akurat dan cermat (tersedia jarak dan waktu tempuh serta jalan alternatif) ^_^.

Tutorial ini sudah dicoba dengan mengeprint QR Codenya di atas kertas dalam berbagai warna dan mampu di scan dengan baik dengan smartphone saya.  Sekian ya postingan perdana saya, semoga bermanfaat dan merevolusi dunia percetakan undangan...Aamiin (uhuuk).

Silahkan di coba.

12 komentar:

  1. cara liat barcode nya pake apaa kalo udah jadi... ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai aplikasi QR code reader
      bisa di download di AppStore / AppStore

      Hapus
  2. nah itu juga sama yang mau ana tanyakan seperti di atas, mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
  3. hee.. nemu juga. alhamdulillah. thanks, bang

    BalasHapus
  4. berarti kalau hp ilang bisa d cari ya?

    BalasHapus
  5. kalau hp ilanG pake code QR bisa di cari nggak?

    BalasHapus
  6. Titanium Cartilage Earrings | Titanium Arts
    A true Tithi titanium connecting rod style, Tithi has all the micro hair trimmer elements necessary for your Tithi style. Tithi jewelry titanium chain is one of the most unique items titanium trim walmart in a 2020 ford edge titanium for sale Tithi collection!

    BalasHapus